UTILIZATION OF CROSSPUZZLE GAMES AS LEARNING MEDIA IN THE DEVELOPMENT OF THE MAHARAH KITABAH
Language is a communication tool. With language, we can talk to know each other. In addition to the local language and the national language, namely Indonesian, we also know foreign languages. Foreign Language is currently a compulsory subject for students at all levels of education. Most of the foreign languages spoken are English and Arabic. Many students experience difficulties in learning both foreign languages, especially in learning Arabic. In learning Arabic, there are four skills that must be mastered, namely maharah istima' (listening skills), maharah qiro'ah (reading skills), maharah kalam (speaking skills), and maharah kitabah (writing skills). Writing skill (maharah al-kitabah) is the highest skill of the four Arabic language skills. Writing is an activity related to thought processes and expression skills in written form. In order to make learning more efficient, an educator is required to be creative in conveying learning material, this is done so that learning writing skills becomes more fun and can help students in learning Arabic. One of the media that can be a solution is the crossword puzzle (TTS) game media. This study aims to explain the media for learning Arabic games in the form of crossword puzzles in maharah kitabah.
Keywords: Maharah kitabah, learning media, Al-Kalimah Al-Mutaqati'ah
Bahasa adalah alat komunikasi. Dengan bahasa, kita dapat berbicara mengenal satu sama lain. Selain bahasa daerah dan bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia, kita juga mengenal bahasa Asing. Bahasa Asing saat ini menjadi mata pelajaran wajib bagi pelajar disemua jenjang Pendidikan. Kebanyakan bahasa asing yang dipakai yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari kedua bahasa asing tersebut, terutama dalam mempelajari bahasa Arab. Dalam mempelajari bahasa Arab, ada empat keterampilan yang harus dikuasai yaitu maharah istima’ (keterampilan mendengar), maharah qiro’ah (keterampilan membaca), maharah kalam (keterampilan berbicara), dan maharah kitabah (keterampilan menulis). Keterampilan menulis (maharah al-kitabah) merupakan keterampilan tertinggi dari empat keterampilan berbahasa Arab. Menulis adalah kegiatan berhubungan dengan proses berpikir serta keterampilan ekspresi dalam bentuk tulisan. Agar pembelajaran lebih efisien, seorang pendidik dituntut menjadi kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, hal ini dilakukan agar pembelajaran keterampilan menulis menjadi lebih menyenangkan dan dapat membantu siswa dalam kegiatan belajar bahasa Arab. Salah satu media yang dapat menjadi solusi adalah media permainan Teka Teki Silang (TTS). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan media pembelajaran permainan bahasa Arab berupa teka teki silang (Al Kalimah Al Mutaqati’ah) dalam maharah kitabah.
Kata kunci: Maharah kitabah, Media pembelajaran, Al-Kalimah Al- Mutaqati’ah
Keywords : Maharah kitabah, learning media, Al-Kalimah Al-Mutaqati'ah
- Amalia, Nisa, Ujiati Cahyaningsih, and Yeni Dwi Kurino. “STUDI LITERATUR: TEKA TEKI SILANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR,” 3:238–41, 2021. Amalia, Nur Hikmah, and Nur Hidayat. “Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10, no. 1 (2018): 119–34. Arif, H Muh, and S Pd Eby Waskito Makalalag. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Insan Cendekia Mandiri, 2020. Arifin, Ahmad. “Peranan Permainan Bahasa Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Arab.” An Nabighoh 19, no. 2 (2017): 302–18. Azizah, Rofiatul. “Permainan Teka Teki Silang Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Maharah Kitabab.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (2022): 117–29. Fadlilah, Nurul. “Al Kalimah Al Mutaqati’ah Sebagai Media Permaianan Bahasa Arab Dalam Maharah Kitabah,” n.d.Fajriah, Fajriah. “Strategi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Pada Tingkat Ibtidaiyah.” Pionir: Jurnal Pendidikan 6, no. 2 (2017). Hasani, Zhul Fahmy. “PENERAPAN METODE IMLAâ€TM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIIC MTs MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG.” Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 2, no. 1 (2013). Jamilah, Mimi, Mohamad Helmy Ismanto, and Rofika Febriani. “PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN KATA UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH KITABAH DI SMP YPP NURUL HUDA SURABAYA.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 11, no. 2 (2021): 345–60. Khalilullah, Muhammad. “Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat).” An-Nida’ 37, no. 1 (2012): 15–26. Kuraedah, Sitti. “Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 8, no. 2 (2015): 82–98. Linur, Rahmat, and Mahfuz Rizqi Mubarak. “Facebook Sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah.” Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab 2, no. 1 (2020): 8–18. Mahmudah, Siti. “Media Pembelajaran Bahasa Arab.” An Nabighoh 20, no. 01 (2018): 129–38. Munawarah, Munawarah, and Zulkiflih Zulkiflih. “Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) Dalam Bahasa Arab.” Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (2021): 22–34. Putri, Wakhidati Nurrohmah. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah.” LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature 1, no. 1 (2017): 1–16. Rathomi, Ahmad. “Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Tarbiya Islamica 8, no. 1 (2020): 1–8. Syofiani, Syofiani, M Zaim, Syahrul Ramadhan, and Agustina Agustina. “Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa Melalui Pemanfaatan Media Teka-Teki Silang: Menciptakan Kelas Yang Menyenangkan.” Ta’dib 21, no. 2 (2019): 87–98. Widyasari, Chusna. “Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Kemahiran Menulis (Maharah Al-Kitabah),” n.d.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.