PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MI INSTAN PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Darwis Harahap (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)
Nando Farizal (, Indonesia)
Masbulan Nasution (, Indonesia)

Abstract


Abstrak,

 

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah dalam memperhatikan label halal pada kemasan produk pangan pada saat mengambil keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk mi instan pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 91 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi (R square). Dengan menggunakan program SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa labelisasi halal memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci : Label Halal, Mahasiswa, Keputusan Pembelian

 

 

 

Abstract,


The background of the problem of this research is to find out the concern of the Students of the Islamic Economics Department in paying attention to the halal labels on food product packaging when making purchasing decisions. The purpose of this study was to find out whether there was an effect of halal labeling on the decision to purchase instant noodles products in the Students of the Islamic Economics Department of the Padangsidimpuan State Islamic Institute. This research is quantitative research. The data source used is primary data. The data collection technique used was a questionnaire, with a sample of 91 respondents. The analytical tool used is validity and reliability test, normality test, linearity test, simple regression analysis, t test, and test the coefficient of determination (R square). By using the SPSS Version 21 program. The results showed that halal labeling had a positive influence on purchasing decisions.

 

Keywords: Halal Label, Student, Purchasing Decision

Keywords


Label Halal; Mahasiswa; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agus Sucipto, Studi Kelayakan Bisnis, Malang: UIN-MALIKI PRESS (Aggota IKAPI), 2010.

Bagian Proyek Sarana Dan Prasarana Produk Halal Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Dan Penyelenggaraan Haji, Petunjuk Teknis Pedoman System Produksi Halal, Jakarta: Departemen Agama RI, 2003.

Basu Swastha Dharmmesta dan Hani Handoko, Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen, edisi pertama, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta (Anggota IKAPI), 2016.

Buku Profil Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan 2016.

Danang Sunyoto, Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus, Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service), 2014.

Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahannya, Bandung: Penerbit Diponegoro, 2006.

Husein Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis, Edisi Kedua, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Ilfi Nur Diana, Hadis-hadis Ekonomi, Malang: UIN Maliki Press (Anggota IKAPI). 2012.

Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiyah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2013.

Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis, edisi kedua, cetakan ketujuh (Jakarta: Kencana. 2010.

Leon G. Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk, Prilaku Konsumen, edisi ketujuh, Jakarta: Indeks, 2004.

M. Syamsul Ma’arif dan Hendri Tanjung, Manajemen Operasi, Jakarta: PT. Grasindo. 2003.

Mohamad Nadratuzzaman Hosen, Panduan Umum Sistem Jaminan Halal LPPOM-MUI, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia, 2008.

Morissan, Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Kencana, 2010.

Mudjarad Kuncoro, Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi, Jakarta: Erlangga, 2009.

Nugroho J. Setiadi, Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, edisi revisi, Jakarta: Kencana, 2010.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas, Jakarta: Indeks, 2007.

Rozalinda, Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurrahman, Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian (Dilengkapi Aplikasi Program SPSS), Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Soegyarto, Statistik Lanjutan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2012.

, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2016.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta. 2013.

Tarigan, Azhari Akmal, dkk., Dasar-dasar Ekonomi Islam (Bandung: Citapustaka Media, 2006.

Ujang Sumarwan, dkk., Riset Pemasaran dan Konsumen, Bogor: PT. Penerbit IPB Press, 2013.

Ujang Sumarwan, Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam pemasaran, edisi kedua, Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.

Yazid Abu Fida’, Ensiklopedi Halal Haram Makanan, Solo: Pustaka Arafah, 2014.

Yusuf Qardhawi, Halal dan Haram dalam Islam, Alih bahasa: Mu’ammal Hamidy, Jakarta: PT. Bina Ilmu, 1993.

Sumber Lain:

Andri Mulyadi dan Elys Fauziyah, “Preferensi Konsumen dalam Pembelian Mi Instan di Kabupaten Bangkalan” Jurnal Sosial Ekonomi dan kebijakan Pertanian, vol 3 no. 1, 2014, (journal.trunojoyo.ac.id), diakses 29 Desember 2016 pukul 15.06.

Asthami, dkk., “Mie Instan Belalang Kayu (Melanoplus cinereus): Kajian Pustaka” Jurnal Pangan dan Agroindustri, vol. 4 no.1, 2016, (jpa.ub.ac.id), diakeses 29 Desember 2016 pukul 14.49.

LPPOM MUI. http://lppommui.org/journal/Sertifikasi_dan_Labelisasi_Halal, diakses 20 Desember 2016 pukul 13:54.

Profil Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan (http://ekonomi-islam.iain-padangsidimpuan.ac.id), diakses tanggal 16 Februari 3017.

Wawancara dengan Siti Fatimah, Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, tanggal 17 Januari 2017, pukul 11:15.

Wawancara dengan Sri Devi, Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, tanggal 17 Januari 2017, pukul 10:30.

AHLUL BAIT INDONESIA. www.ahlulbaitindonesia.or.id, diakses 20 Desember 2018.

HALAL MUI. www.halalmui.org, diakses 21 Desember 2018.




DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i2.1098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter