Kontekstualisasi Pemahaman Ayat-ayat Al-Qur'an Terhadap Pendidikan Sosial

Ahmad Murtaza MZ* -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Abdullah Sani Ritonga -  Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ar Raudlatul Hasanah Medan, Indonesia
Rosyda ‘Aqila -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Pembacaan Al-Qur'an secara universal mengungkapkan pemaknaan yang lebih kompleks dan kontekstual terkait dengan pendidikan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengontekstualisasikan nilai-nilai pendidikan sosial yang terdapat dalam Al-Qur'an secara menyeluruh. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan analisis konten sebagai alat analisis utama untuk data yang disajikan. Sumber data primer yang digunakan adalah ayat-ayat Al-Qur'an yang memiliki dimensi pendidikan sosial, sedangkan data sekunder mencakup tesis, artikel, disertasi, dan dokumen lain yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan sosial yang terdapat dalam Al-Qur'an tidak hanya berfokus pada peningkatan kualitas individu, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan. Tujuan ini dapat dicapai melalui bimbingan dan internalisasi ajaran-ajaran pendidikan sosial yang terdapat dalam Al-Qur'an sejak dini. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pembacaan Al-Qur'an secara universal dapat mengungkapkan mekanisme pemahaman yang lebih kompleks, yang secara signifikan memperkaya pemahaman nilai-nilai pendidikan sosial yang terdapat dalamnya.

Keywords : Pendidikan Sosial, Al-Qur’an, Kontekstual

  1. Aisah, Siti, and Mawi Khusni Albar. “Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dari ­ Q.S Al Hujurat: 11-13 Dalam Kajian Tafsir.” Arfannur 2, no. 1 (2021): 35–46. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.166.
  2. Akbar, Ali. “Pendidikan Sosial Kemasyarakatan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits.” MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis 2, no. 1 (2022): 41–62. https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i1.19.
  3. ’Ali al-Wahidi, Abul hasan bin Ahmad bin Muhammad. Asbāb Nuzūl Al-Qur’ān. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1411.
  4. Ali, Fathudin, Muhammad Zuhdi, and Mudzakir. “Peran Agama Dalam Perubahan Sosial Masyarakat.” Rayah Al-Islam 8, no. 1 (2024): 286–95. https://doi.org/10.29300/njsik.v14i2.5194.
  5. Al-Syaukānī, Muḥammad bin ‘Alī bin Muḥammad bin ‘Abdillāh. Fathu Al-Qadīr, Vol 3. Beirut: Dār Ibn Kaṣir, 1994.
  6. al-Ṭabarī, Ā’bū Ja’far. Jām’i al-Bayān Fī Ta’wīl al-Qur’ān , Vol 17. Mua’sasah al-Risālah, 2000.
  7. Al-Zuhaili, Wahbah bin Musthofa. Al-Tafsir al-Munir Fi al-‘Aqidah Wa al-Syari‘ah Wa al-Manhaj, Vol 2. Damaskus: Dar al-Fikr, 1418.
  8. ———. Al-Tafsir al-Munir Fi al-‘Aqidah Wa al-Syari‘ah Wa al-Manhaj, Vol 5. Damaskus: Dar al-Fikr, 1418.
  9. ———. Al-Tafsir al-Munir Fi al-‘Aqidah Wa al-Syari‘ah Wa al-Manhaj, Vol 26. Dar al-Fikr, 1418.
  10. ———. Al-Tafsir al-Munir Fi ’Aqidah Wa al-Syari’ah Wa al-Manhaj, Vol 15. Beirut: Dar al-Fikr, 1418.
  11. Amrullah, Abdul Malik Karim. Tafsir Al-Azhar, Vol. 2. Singapura: Singapura Pustaka Nasioanal PTE LTD, 1999.
  12. ———. Tafsir Al-Azhar Vol 6. Singapura: Pustaka Nasioanal PTE LTD Singapura, 1999.
  13. Anwar, Zaini. “Pendidikan Sosial Dalam Perspektif ‘Abdullah Nashih ‘Ulwan (1928-1987 M.) (Studi Terhadap Kitab Tarbiyah al-Aulad Fi al-Islam).” Universitas Sulat Syarif Kasim Riau, 2019.
  14. Arif, Mahmud. “Islam, Kearifan Lokal, Dan Kontekstualisasi Pendidikan: Kelenturan, Signifikansi, Dan Implikasi Edukatifnya.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 15, no. 1 (2015): 67–90. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v15i1.173.
  15. Arifi, Zainal. “Perubahan Perkembangan Perilaku Manusia Karena Belajar.” SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan 2, no. 1 (2017): 53–79. https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.116.
  16. Ash-Shiddieqy, Muhammad Hasbi. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur Jilid 3. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.
  17. Dasopang, Muhammad Darwis, Suheri Sahputra Rangkuti, Hilman Rizky Hasibuan, and Kimlansyah Romadan Siregar. “Transformative Islamic Education at Islamic Boarding School in South Tapanuli.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 3 (2023): 3768–75. http://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/3531.
  18. Doni. “Pendidikan Sosial Dalam Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 11-13.” UIN Syarif Hidayatullah, 2019.
  19. Eriyanti, Eka, Yasir Arafat, and Syaiful Eddy. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021): 2998–3004.
  20. Fahrul Abd. Muid. “Pemerintahan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Al- Ulum 10, no. 1 (2010): 14–57.
  21. Febriani, N A, N Nafisah, and ... “Resolusi Konflik Masyarakat Melalui Pendidikan Sosial Perspektif Al-Quran.” Alim| Journal of Islamic … 4, no. 1 (2022): 1–26.
  22. Harahap, Ibnu Alwi Jarkasih, Asnil Airdah Ritonga, and Mohammad Al Farabi. “Pendidikan Sosial Dalam Al-Quran: Studi Literatur.” VISA: Journal of Visions and Ideas 4, no. 1 (2024): 173–86.
  23. Hasanatuddaroini, Ulya. “Konsep Pendidikan Karakter Religius Dan Peduli Sosial Dalam Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 13-19 (Perspektif Tafsir al-Munir Dan Tafsir al-Misbah).” UIN Maulana Malik Ibrahim, 2020.
  24. Herlambang, Saifuddin. Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Al-Qur’an. Pontianak: AYUNINDYA, 2018.
  25. Hidayat, Rahmat, and Abdillah. Buku Ilmu Pendidikan Rahmat. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2019.
  26. Kaṡīr, A’bū al-Fidā’ Ismā’īl ‘Umar bin. Tafsīr Al-Qur’ān al-‘Aẓīm, Vol. 2. Dār Ṭayyibah Linasyar wa al-Tauzī’, 1999.
  27. KBBI. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” KBBI daring, 2022.
  28. Khoiruddin, Muhammad. “Pendidikan Sosial Berbasis Tauhid Dalam Perspektif Al-Qur’an.” At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 3, no. 1 (2018): 73–88. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i1.1141.
  29. Kumara, Ardi, Ayu Virnanda, Lathifah Sekar Azmi, and Rintik Rizki Auliani. “Implementasi Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Al-Qur’an Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Zaman.” aL-Afkar 3, no. 2 (2020): 111–27.
  30. Laming, Muhammad Tahir. “Keadilan Dalam Beberapa Perspektif; Suatu Kajian Beberapa Paradikma Tentang Keadilan.” Meraja Journal 4, no. 2 (2021): 269–78.
  31. Mahmud, Muhammad. “Internalisasi Nilai–Nilai Karakter Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Hidayah Sumenep.” UIN Maulana Malik Ibrahim, 2017.
  32. Mandasari, Rulita, Neca Gamelia, and Nurlaili Nurlaili. “Persatuan Dalam Keberagaman.” Science and Education Journal (SICEDU) 2, no. 2 (203AD): 340–45. https://doi.org/10.31004/sicedu.v2i2.125.
  33. Muttaqin, Abdul Aziz Zaenal, Fadlil Yani Ainusyamsi, and Pepe Iswanto. “Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 134 (Analisis Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim Karya Ibnu Katsir).” Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam 17, no. 1 (2020): 43–66. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i1.470.
  34. MZ, Ahmad Murtaza, and Muhammad Mulkan. “Makna Toleransi Perspektif Tafsir Al-Burhan Di Dalam Surat Al-Kafirun.” J-Alif: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam 6, no. 1 (2021): 65–77.
  35. Nafisah. “Pendidikan Sosial Bagi Masyarakat Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Institut PTIQ Jakarta, 2021.
  36. Rahmat, Abdul. Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, Dan Aplikasi. Gorontalo: Ideas Publishing, 2014.
  37. Rangkuti, Suheri Sahputra. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tafsir Ayat Jihad (Studi Atas Tafsir Fi Zhilal al-Quran Karya Sayyid Quthb).” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 4, no. 2 (2019): 184–201. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/5746.
  38. Rangkuti, Suheri Sahputra, Sangkot Sirait, and Moh Soehadha. “Accommodation of Islamic Education Responding to Local Culture.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 21, no. 1 (2021): 135–57.
  39. Rido, Imran. “Pendidikan Sosial Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Tazkiah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2023): 16–29.
  40. Ritonga, Abdullah Sani. “AlQuran, Tafsir Dan Fenomena Sosial Kemasyarakatan.” Al-I’jaz : Jurnal Kewahyuan Islam 5, no. 2 (2019): 43–62.
  41. Rusmiati, Rusi, Sakinah Natunnada, Siti Nadilah, Mulyani, and Nurul Hasya. Teori-Teori Pendidikan. Bogor: Universitas Djuanda, 2021.
  42. Sa’diyah, Halimatus. “Peran Agama Islam Dalam Perubahan Sosial Masyarakat.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 3, no. 2 (2016): 195–216. https://doi.org/10.19105/islamuna.v3i2.1152.
  43. Saihu. “Pendidikan Sosial Yang Terkandung Dalam Surat At-Taubah Ayat 71-72.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 01 (2020): 127–48.
  44. Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan Dan Keserasian al-Qur’an Vol. 2. Tangerang: Lentera Hati, 2005.
  45. Syafe’i, Imam. “Tujuan Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2015): 151–66.
  46. Ṭanṭāwī, Muḥammad Sayyid. Al-Tafsīr al-Wasīṭ Li al-Qur’ān al-Karīm Vol. 13. Kairo: Dār Nahḍah Miṣr, 1998.
  47. Yahya, Mohammad. Ilmu Pendidikan. Jember: IAIN Jember Press, 2020.

Open Access Copyright (c) 2024 Ahmad Murtaza MZ, Abdullah Sani Ritonga, Rosyda ‘Aqila
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

 

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: fahmina@uinsyahada.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.