Effectiveness of Using Interactive Powerpoint Media on Chemical Bonding Material to Improve Student Learning Outcomes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, D., & Aini, S. (2022). Effectiveness of Interactive Power-Point Learning Media Based on Guided Inquiry on Acid-Base Materials for Class XI SMA/MA. 11(2), 89–99. https://doi.org/10.23960/jppk.v11.i2.2022.10
Anjarwati, A., Irianti, M., & Sutomo, E. (2023). Pengaruh media pembelajaran powerpoint interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP negeri 5 Raja Ampat pada materi sistem peredaran darah pada manusia. BASA-JIPI, 4(1), 1–9.
Ariandini, N., & Dewi, H. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11, 146–152.
Belseran, A., Unwakoly, S., & Al Hamid, F. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Power Point Pada Konsep Reduksi-Oksidasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Ambon. Science Map Journal, 2(1), 32–36. https://doi.org/10.30598/jmsvol2issue1pp32-36
Endang, L. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. SPEJ (Science and Phsics Education Journal), 2(1).
Epros, C. L., & Aini, S. (2024). Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII SMA Program Studi Pendidikan Kimia , Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 5204–5210.
Fitri Rahmawati, B. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135
Gazali, F., Padang, U. N., Yusmaita, E., & Padang, U. N. (2022). Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Staf Pengajar Jurusan Kimia , FMIPA Universitas Negeri Padang. 2(November). https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/249
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hendrawan, W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Penggunaan Media Audio-Visual Pada Siswa Kelas Ivb Sd Negeri I Blunyahan Efforts To Improve the Social Studies Learning Achievement of Grade Ivb of Sd Negeri 1 Blunyahan By Using Audio-Visual Media. Pembelajaran Menggunakan Media …, 611–618.
I gede, B., Ratmaningsih, N. M., & Agustini, K. (2020). Power Point Game , Motivation , Achievement : The Impact and Students ’ Perception. 13(4), 509–522.
Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747
Murningsih, I. M. T., Masykuri, M., & Mulyani, B. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 177. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.11196
Muttaqin, N. H., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi dan Media Hyperchem untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 62. https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i1.24564
Nobre, J. N. P., Vinolas Prat, B., Santos, J. N., Santos, L. R., Pereira, L., Guedes, S. da C., Ribeiro, R. F., & Morais, R. L. de S. (2020). Quality of interactive media use in early childhood and child development: a multicriteria analysis. Jornal de Pediatria, 96(3), 310–317. https://doi.org/10.1016/j.jped.2018.11.015
Nuranisah, & Aini, S. (2022). Effectiveness of Guided Inquiry-based Interactive Power-Point Learning Media on Electrolyte and Non-electrolyte Solution Materials for Class X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 11(2), 119–129. https://doi.org/10.23960/jppk.v11.i2.2022.13
Oktavia, R., & Guspatni. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint-Ispring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Submateri Pergeseran Kesetimbangan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA / MA Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Padang , Indonesia Program. JPK UNRI, 7(2), 105–112.
Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 258. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524
Pratiwi, K. I., & Guspatni. (2022). Praktikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint-Ispring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia Dan Pertanyaan Prompting Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII MIPA SMA/MA. JIUBJ, 22(3), 1869–1875. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2721
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. 4(2), 53–60.
Rahmadhani, D. D., Putri, I. C., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Salah Satu Pemanfaatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. 3(6), 4904–4912.
Salma, A., & Aini1, S. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13, 514–519.
Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sirait, T., & Hutabarat, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pokok Bahasan Konsep Redoks. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2), 1–7.
Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhaemi, A., Asih, E. T., & Handayani, F. (2020). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar ips sd. HOLISTIKA, IV(1), 36–45.
Suwiwa, I. G. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas. 4(2), 666–674.
Vegatama, M. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash Dan Powerpoint Pada Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X1 Ipa Sma Negeri 2 Sungguminasa ( Studi Pada Materi Pokok Asam-Basa ). 68–76.
Wawuru, A., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589
Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652–1657. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/975
Yuliansah. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi. Jurnal Efisiensi, XV(2), 24–32.
Zakiyatun, C., & Ashari, R. (2017). Pengaruh Media Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( Nht ) Terhadap Hasil Belajar Dan Daya Ingat Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas Xi Mipa Sma Negeri 7 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2).
DOI: https://doi.org/10.24952/lavoisier.v3i1.10825
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) Desi Lisa Rosanna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lavoisier:Chemistry Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © 2022 Lavoisier: Chemistry Education Journal.All rights reserved.