Implementation Of Chemistry Learning Through Guided Inquiry Using Small Scale Laboratory Media On Science Process Skills
Abstract
References
Arikunto, Suharsimi. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar: Yogyakarta.
Colburn, Alan. (2000). An Inkuiri Primer. Science Scope. 23(6): 42-44.
Damayanti, et.al. (2019). Analisis Pelaksanaan Praktikum Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. 3(2): 52-60.
Dewi, Sylvia, P. (2016). Perspektif Gru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. 01(2): 179-186.
Fitriani. (2018). Siklus PDCA dan Filosofi Kaizen. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 7(2): 625-640.
Gasila, Yesi., et al., (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF). 06(1): 14-22.
Hafsyah, N., S., et al. (2012). Penerapan Model Inkuiri Terstruktur dengan Media Virtual-Lab Pada Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(2): 158-164.
Hanafy, Sain. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. 17(1): 66-79.
Hidayah, Fatichatul, F, et al. (2024). A Bibliometric Analysis: What is the Image of Microscale Chemistry Research for Chemistry Teaching in 2013-2023?. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 10(1): 10-23.
Hidayah, Fatichatul, F, et al. (2022). Counting Drops and Observing Color: Teachers’ and Students’ First Experiences in Small-Scale Chemistry Practicum of Acid-Base Solutions. JOTSE: Journal of Technology and Science Education. 12(1): 244-258.
Hidayah, Fatichatul, F, et al. (2022). Introducing The Small-Scale Chemistry Approach Through Inquiry-Based Laboratory Activities For Pre-Service Teachers. Jurnal Kimia dan Pendidikan. 7(1): 14-35.
Hidayah, Fatichatul, F. (2014). Karakteristik Panduan Praktikum Kimia Fisika Bervisi-SETS untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang. 2(1): 20-25.
Hidayah, Fatichatul, F. et al.(2024). What is the Image of Microscale Chemistry Research for Chemistry Teaching in 2-13-2023?. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 10(1): 10-23.
Hunaepi. (2021). Curiosity in Learning Biology: Literature Review. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. 9(2): 343-352.
Imaduddin, M., Tantayon, S., & Fatichatul, F. 2020. Pre-Service Science Teacher Impression on The Implementation of Small-Scale Chemistry Practicum. 3(2): 162-174.
Istiqomah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Small-Scale Chemistry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Kelas XI IPA SMAN 1 Talun. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora. 13(2): 652-659.
Jaya, et al. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Mia 3 SMA Negeri 1 Tenggarong (Materi Suhu dan Kalor). Jurnal Saintifika. 16(1):2502-2768.
Khaerunnisa. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (Fisika) SMA di Kabupaten Jenepunto. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makasar. 5(3): 112-126.
Khurotul, Aini, et al. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Hands On Minds On Activity untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(1): 99-105.
Maradona, (2013). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Samarinda pada Pokok Bahasan Hidrolisis Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Prosding Seminar Nasional Kima 2013. ISBN: 978-602-19421-0-9.
Muderawan, Wayan, et al. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 3(1): 17-23.
Nengsi, Sri, et al. (2019). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Regulasi. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 2(1): 50-59
Nurhidayah, et al. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inkuiri) dalam Pembelajaran Fisika SMA di Jember (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis). Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(1): 82-88.
Octavia, Shilphy. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Puspita, Depi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Levels Of Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP N 3 Jati Agung. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Rahmasiwi, et al. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas XI MIA 9 (ITC) SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pembelajaran 2014/2015. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS. http://eprints.usn.ac.id diakses 10 Juli 2023.
Rahmat, I., & Chanunan, S., (2018). Open Inkuiri in Facilitating Metacognitive Skills on High School Biology Learning: An Inkuiri on Low and High Academic Ability. International Journal of InstructionI. 11(4): 593-606.
Ramdani, A., & Artayasa, P. (2020). Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inkuiri Terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 8(1): 1-9.
Ratnasari, et al. (2016). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Pembelajaran Termokimia Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 4(1): 61-69.
Rifatul, Ifa. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA di Kota Bandung. Universitas Siliwangi. Diffraction. 1(1): 39-43.
Romadhona, Restu, R. et al. (2020). Keterampilan Proses Sains Terpadu: Apakah Lebih Baik Menggunakan Model Inkuiri Terbuka atau Inkuiri Terbimbing?. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi.13(2): 307-319.
Sasongko, Ashadi, et.al. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia Melalui Praktikum Titrasi di SMA Negeri 5 Balikpapan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(2):76-84.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sulistina, O, et al. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Laboratorium Malang Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 17(1): 82-88.
Supasorn, S., et al., (2014). Enhancement of Learning Achievement of Organic Chemistry Using Inkuiri-Based Semi-Small Scale Experiments (SSSEs). Procedia- Social and Behavioral Sciences. 116: 769-774.
Supatmi, Sri. (2022). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Praktikum Kimia Berbasis Skala Mikro Materi Stoikiometri. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 12(1): 47-58.
Sylvia, Paramita. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. 01(2): 179-186.
Tim Penyusun. (2023). Belajar Praktis Kimia Mata Pelajaran Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMA/MA Kelas XI Semester 2. CV Viva Parakarindo: Klaten.
Yasmin, N., et al., (2015). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari Tahun Ajaran 201/2014. Jurnal Pijar MIPA. 10(1): 69-75.
DOI: https://doi.org/10.24952/lavoisier.v3i2.12638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Salma Salfiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lavoisier:Chemistry Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © 2022 Lavoisier: Chemistry Education Journal.All rights reserved.