DIRASATUL IBTIDAIYAH

Dirasatul Ibtidaiyah (p-ISSN: 2797-4588; e-ISSN: 2797-2410) adalah jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember, oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Jurnal ini secara khusus mendedikasikan diri pada eksplorasi dan studi kritis mengenai isu-isu fundamental dalam pendidikan dasar, dengan fokus khusus pada konteks Madrasah Ibtidaiyah (Sekolah Dasar Islam). Kami menyambut kontribusi orisinal yang menganalisis dinamika kompleks pembelajaran siswa, pengembangan kurikulum, metodologi pengajaran inovatif, serta tantangan dan peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada jenjang ini. Dirasatul Ibtidaiyah bertujuan untuk menjadi platform terkemuka bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk berbagi temuan, memajukan diskursus ilmiah, dan menginspirasi perubahan positif dalam pendidikan dasar.

Jurnal ini berkomitmen untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi yang berkontribusi pada pemahaman teoritis dan praktis tentang pendidikan dasar. Ruang lingkup kami mencakup, namun tidak terbatas pada, pedagogi pendidikan dasar, psikologi perkembangan anak, manajemen kelas, evaluasi pendidikan, pendidikan inklusif, pendidikan multikultural, teknologi pendidikan, serta isu-isu sosiologis dan filosofis yang relevan dengan pendidikan dasar. Melalui penerbitan artikel-artikel yang berwawasan luas dan berbasis bukti, Dirasatul Ibtidaiyah berupaya mengisi kesenjangan pengetahuan dan menyediakan referensi penting bagi komunitas ilmiah yang tertarik pada pengembangan pendidikan dasar, baik di tingkat nasional maupun global.

Sebagai jurnal yang telah terakreditasi SINTA 5 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/10862), Dirasatul Ibtidaiyah menjunjung tinggi standar keunggulan akademik dan integritas ilmiah. Kami mengikuti praktik penerbitan jurnal internasional terbaik, termasuk proses peninjauan sejawat yang ketat dan etika publikasi yang kuat, untuk memastikan kualitas dan relevansi setiap artikel yang diterbitkan. Kami mengundang para peneliti dari seluruh dunia untuk mengirimkan manuskrip mereka dan bergabung dengan kami dalam misi untuk memajukan studi kritis pendidikan dasar dan berkontribusi pada pembentukan generasi penerus yang lebih baik.


Journal Homepage Image

Announcements

 
No announcements have been published.
 
More Announcements...

Vol 5, No 1 (2025): DIRASATUL IBTIDAIYAH

Table of Contents

Articles

Muhammad Amin (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Samsuddin Pulungan (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Hamidah Hamidah (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Abstract : 42 Viewers   DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.13683
PDF
1-16
Vani Angraini Putri (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Lian G. Otaya (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Asriyati Nadjamuddin (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Abstract : 18 Viewers   DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.12919
PDF
17-25
Nurfadila Dila (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Lamsike Pateda (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Sitti Rahmawati Talango (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Abstract : 14 Viewers   DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.12899
26-36
Nurkhairunnisa Siregar (Universitas Samudra, Indonesia)
Nindia Abdiani (Universitas Samudra, Indonesia)
Maisarah Maisarah (Universitas Samudra, Indonesia)
Abstract : 41 Viewers   DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.16465
PDF
37-43
Rina Juliana (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)
Rini Agustini (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
Dedi Yuisman (IAI Yasni Bungo, Indonesia)
Rahmah Yasrah Dalimunthe (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
Abstract : 25 Viewers   DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.14939
PDF
44-57
Nelti Nelti (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Lamsike Pateda (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Sitti Rahmawati Talango (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Abstract : 24 Viewers   DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.12898
PDF
58-66
Sahida H.T Dulumina (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Munirah Munirah (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Dewi Darmiyani Napu (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Abstract : 37 Viewers   DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.13075
PDF
67-81
Nurul Angraini Mahiya (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Herson Anwar (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Zohrawati Hiola (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Abstract : 23 Viewers   DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.11791
PDF
82-90
Megawati Ali (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Arten Mobonggi (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Karmila Iskandar (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Abstract : 30 Viewers   DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.13436
PDF
91-102
Asriana Harahap (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary, Padangsidimpuan, Indonesia)
Sri Sumarni (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Nurus Saadah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Ade Suhendra (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Abstract : 22 Viewers   DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.16738
PDF
103-112