Dirasatul Ibtidaiyah (p-ISSN: 2797-4588; e-ISSN: 2797-2410) adalah jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember, oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Jurnal ini secara khusus mendedikasikan diri pada eksplorasi dan studi kritis mengenai isu-isu fundamental dalam pendidikan dasar, dengan fokus khusus pada konteks Madrasah Ibtidaiyah (Sekolah Dasar Islam). Kami menyambut kontribusi orisinal yang menganalisis dinamika kompleks pembelajaran siswa, pengembangan kurikulum, metodologi pengajaran inovatif, serta tantangan dan peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada jenjang ini. Dirasatul Ibtidaiyah bertujuan untuk menjadi platform terkemuka bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk berbagi temuan, memajukan diskursus ilmiah, dan menginspirasi perubahan positif dalam pendidikan dasar.
Jurnal ini berkomitmen untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi yang berkontribusi pada pemahaman teoritis dan praktis tentang pendidikan dasar. Ruang lingkup kami mencakup, namun tidak terbatas pada, pedagogi pendidikan dasar, psikologi perkembangan anak, manajemen kelas, evaluasi pendidikan, pendidikan inklusif, pendidikan multikultural, teknologi pendidikan, serta isu-isu sosiologis dan filosofis yang relevan dengan pendidikan dasar. Melalui penerbitan artikel-artikel yang berwawasan luas dan berbasis bukti, Dirasatul Ibtidaiyah berupaya mengisi kesenjangan pengetahuan dan menyediakan referensi penting bagi komunitas ilmiah yang tertarik pada pengembangan pendidikan dasar, baik di tingkat nasional maupun global.
Sebagai jurnal yang telah terakreditasi SINTA 5 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/10862), Dirasatul Ibtidaiyah menjunjung tinggi standar keunggulan akademik dan integritas ilmiah. Kami mengikuti praktik penerbitan jurnal internasional terbaik, termasuk proses peninjauan sejawat yang ketat dan etika publikasi yang kuat, untuk memastikan kualitas dan relevansi setiap artikel yang diterbitkan. Kami mengundang para peneliti dari seluruh dunia untuk mengirimkan manuskrip mereka dan bergabung dengan kami dalam misi untuk memajukan studi kritis pendidikan dasar dan berkontribusi pada pembentukan generasi penerus yang lebih baik.

Vol 5, No 1 (2025): DIRASATUL IBTIDAIYAH
Table of Contents
Articles
![]() ![]() ![]()
Abstract : 42 Viewers
DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.13683
|
1-16
|
![]() ![]() ![]()
Abstract : 18 Viewers
DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.12919
|
17-25
|
![]() ![]() ![]()
Abstract : 14 Viewers
DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.12899
|
26-36
|
![]() ![]() ![]()
Abstract : 41 Viewers
DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.16465
|
37-43
|
![]() ![]() ![]() ![]()
Abstract : 25 Viewers
DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.14939
|
44-57
|
![]() ![]() ![]()
Abstract : 24 Viewers
DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.12898
|
58-66
|
![]() ![]() ![]()
Abstract : 37 Viewers
DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.13075
|
67-81
|
![]() ![]() ![]()
Abstract : 23 Viewers
DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.11791
|
82-90
|
![]() ![]() ![]()
Abstract : 30 Viewers
DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.13436
|
91-102
|
![]() ![]() ![]() ![]()
Abstract : 22 Viewers
DOI : 10.24952/ibtidaiyah.v5i1.16738
|
103-112
|